html5

Pembinaan dan Pengawasan Bidang Teknis Administrasi dan Yudisial Perkara Perdata dan Pidana

Jakarta, Humas | Rabu, 13 Desember 2017

Pembinaan Pengawasan Bidang Teknis Administrasi dan Yudisial Perdata Pidana

Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH, mengadakan Rapat Pembinaan dan Pengawasan di Hotel Grand Mercure Harmoni-Jakarta, tanggal 12 Desember 2017. Pembinaan dan pengawasan ini diikuti oleh Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri se-DKI Jakarta. 248 orang yang terdiri : Pimpinan, Hakim anggota, Hakim Adhoc Tipikor, Hakim Yustisial, Panitera, Para Panitera Muda Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan Para Pimpinan, Hakim anggota, Hakim Adhoc, Panitera, Panitera Muda Pengadilan Negeri se – DKI Jakarta serta Panitera Muda Perkara, Hakim Yustisial (PP) serta Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung RI sebanyak 120 orang, total peserta seluruhnya berjumlah 368 orang.

 Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum, Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta selaku tuan rumah menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan ini terselenggara atas Dipa Kepaniteraan Mahkamah Agung RI, dan diharapkan agar para peserta khususnya dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan Pengadilan Negeri se-DKI Jakarta agar kiranya mengikuti dengan sungguh-sungguh pengarahan dari pimpinan Mahkamah Agung dan para Narasumber dalam acara ini untuk selanjutnya dapat diterapkan di lingkungan masing-masing.

Pembinaan Pengawasan Bidang Teknis Administrasi dan Yudisial Perdata Pidana 1

Pembinaan dan Pengawasan ini dibuka oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH, menceritakan kilas balik prestasi Mahkamah Agung selama 5 tahun terakhir yang diperoleh dengan kerja keras dan perjuangan baik di pusat maupun Satuan Kerja di daerah. Prestasi ini berhasil diraih karena adanya komitmen pimpinan dan kemauan bersama untuk menjadikan Mahkamah Agung lebih baik sehingga kita harus mempertahankan capaian dan prestasi yang didapatkan selama ini. Saya berharap, marilah bersama-sama kita jaga kantor, mulai dari diri kita sendiri untuk tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun dan saling mengingatkan antar kita untuk tidak melakukan pelanggaran, apabila sudah diingatkan tidak mau maka laporkan dalam Sistem Pengawasan Mahkamah Agung. Panitera diharapkan menjadi quality control pelaksanaan administrasi perkara di Pengadilan. 

Materi pembinaan dan pengawasan ini di isi oleh Ketua kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LL.M., Ketua Kamara Pengawasan Dr. H. Sunarto, SH., MH dan mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Marianna Sutadi, SH.