html5

Pembinaan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Jakarta | Kamis, 09 Mei 2019

Pembinaan PN JKT Sel 1

Pembinaan di awali dengan laporan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Kepada Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dengan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Bahwa yang hadir dalam pembinaan ini adalah seluruh Pejabat Struktural, Hakim dan Staf Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  2. Dan disampaikan juga kepada yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta bahwa pada saat ini sangat banyak perkara yang menarik perhatian public sehingga banyak wartawan yang datang untuk meliput perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pembinaan PN JKT SEL 2

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Bapak Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum, Bahwa kunjungan ke Pengadilan Negeri di dampingi oleh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Kunjungan kali ini dalam rangka pendampingan Pembangunan Zona Integritas di Wilayah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga menyampaikan Hasil Pembinaan Ketua Mahkamah Agung RI tanggal 22 April 2019 di labuhan Bajo, NTT:

  1. Pengadilan Tinggi agar dipersiapkan user dan password untuk memantau secara langsung pelaksanaan pengisian SIPP yang ada di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  2. Ada beberapa perkara dari Pengadilan Negeri yang sampai saat ini diajukan banding namun pengisian SIPPnya belum lengkap, agar ke depan ini jangan sampai terjadi lagi.
  3. Dalam SIPP versi 3.2.0 Pimpinan di Mahkamah Agung dapat memantau secara langsung rasio penanganan perkara dan kinerja majelis hakim di tingkat pertama maupun tingkat banding.
  4. Ada 23 Perkara perdata yang diajukan upaya hukum banding dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan namun berkas perkaranya belum lengkap, sehingga belum dapat di register di Pengadilan Tinggi (Dokumen diserahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan).
  5. Ada 1 Perkara Perdata PN Jakarta Selatan Nomor 118/PDT.G/2018/PN.JKT.SEL yang belum di input dalam SIPP banding, sehingga pengisian SIPP di Pengadilan Tinggi terhambat.  
  6. Apapun yang kita lakukan, semua orang akan tahu, hindari komunikasi yang tidak baik.
  7. Agar semua petunjuk dari Tim Zona Integritas agar di laksanakan.
  8. Untuk Perkara yang menarik perhatian agar Majelis Hakim bekerja sebaik mungkin.
  9. Selamat untuk Hakim yang mendapat promosi menjadi Hakim Tinggi.

Pembinaan PN JKT Sel 3

Panitera Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menambahkan pengisian SIPP dimonitor secara langsung oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI baik SIPP tingkat pertama maupun Tingkat Banding, makanya Minutasi harus sangat diperhatikan baik-baik.

Acara Pembinaan di akhiri dengan tanya jawab dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kepada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta (Sumber ; Humas PT DKI Jakarta).