Jakarta (Rabu, 24/08/2011), Pengadilan Tinggi Jakarta mengadakan Upacara Pengambilan Sumpah Jabatan, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Bapak Suharto, SH., M.Hum menggantikan Bapak H. Syahrial Sidik, SH., MH., yang dipromosikan menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan, bertempat diruang aula serbaguna Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

 

Acara dimulai dengan pembacaan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor: 19/DjU/SK/Kp.04.5/VII/2011, oleh Panitera/Sekretaris Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dengan disaksikan serta diikuti dengan pelantikan Ketua Pengadilan Negeri yang baru oleh Ketua Pengadilan Tinggi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Bpk. Ansyahrul, SH, M.Hum. mengingatkan pada seluruh jajaran Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi mengenai Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 10 Tahun 2005 yang merupakan pengukuhan dan penyempurnaan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 5 Tahun 1966 Tentang Bimbingan dan Petunjuk Pimpinan Pengadilan Terhadap Hakim / Majelis Hakim Dalam Menangani Perkara. Supaya para Pimpinan Pengadilan dan para Hakim memahami sungguh-sungguh dan melaksanakan dengan baik Surat Edaran ini.

Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta juga mengingatkan kepada pejabat yang baru bahwa hal pertama yang harus di lakukan adalah konsolidasi dan koordinasi, baik ke dalam maupun ke luar. Kata kunci dari konsolidasi dan koordinasi internal adalah pembinaan dan pengawasan sehingga pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing jajaran dapat terlaksana dengan baik. Untuk itu pahamilah secara mendalam seluruh Hukum Acara dan Hukum Materiil, serta pegang teguh Pedoman Standard Operating Procedure ( SOP ) yang telah kita miliki.

Pada kesempatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta mengucapkan selamat datang bagi rekan-rekan Hakim baru, baik di Pengadilan Negeri se-DKI Jakarta maupun di Pengadilan Tinggi. Saudara-saudara adalah Hakim pilihan karena untuk dipercaya bertugas di Jakarta telah melalui pertimbangan yang matang oleh Mahkamah Agung RI, karena Pengadilan di Jakarta adalah merupakan barometer, tolok ukur, contoh, tauladan, dan panutan bagi Pengadilan-Pengadilan di daerah, sebab Jakarta adalah ibarat serambinya Indonesia. Kembangkan terus profesionalisme, wawasan, kearifan, integritas moral, ketelitian, kehati-hatian, dan dan kewaspadaan serta tetap berpegang teguh pada aqidah agama masing-masing sebagai pedoman dalam mengemban amanah yang berat ini. Jagalah kekompakkan, saling membantu dalam pengertian positif, saling mendukung, saling mengingatkan, dan bahkan kalau perlu saling menegur, kewaspadaan serta tetap berpegang teguh pada aqidah agama masing-masing sebagai pedoman dalam mengemban amanah yang berat ini.

Upacara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan berjalan dengan baik, ditutup dengan pembacaan doa dan pemberian ucapan selamat yang diawali oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta beserta Ibu, diikuti Anggota Majelis Hakim dan para undangan yang hadir.